How a Webcam Could Create a Good Photo Result?

Long time no see! udah lama banget nggak ngedit foto-foto narsis yang berisi diri sendiri. Kebetulan aja, hari ini ada video session buat lomba SOYJOY, jadinya sekalian photo session deh. Anyway, si kenny alias kamera kesayanganku itu kan sedang sakit, jadi tidak kubawa dari jakarta. Kamera pocketku yang satu lagi pun tidak terbawa dari jakartaaa.. *sungguh malang*, ya sudahlah. Tapi sebagai photographer masa kini, yang memang sesekali (baca : setiap kali) menggunakan photoshop untuk membuat sebuah foto lebih indah, inilah yang kulakukan.

Melakukan cara apapun yang penting bisa foto. Hasil mah belakangan, kan ada kakang sotosop!

HOW TO CREATE A GOOD RESULT FROM A WEBCAM

Aku ngga bakalan ngejelasin satu persatu bagaimana cara untuk membuat warna yang cantik ketika kita foto pake webcam. Tapi aku mau share beberapa tips yang penting mengenai webcam!

Noise Correction (pixel yang mengganggu kualitas gambar)

Biasanya, permasalahan utama ketika kita foto di webcam adalah NOISE. Gambarnya nggak jelas, burem, aneh, jelek. maka dari itu, yuk sama-sama kita ubah point a view, bahwa sejelek apapun gambar sebenernya bisa diakalin lho!

Eits! Jangan salah lho! Noise itu belum tentu menyebalkan. Kadang memang menyebalkan kalau kita pengen foto beauty, atau berharap foto tersebut clean! Tapi sebenernya kita bisa memanfaatkan noise buat bikin suatu karya fotografi jadi lebih punya jiwa! terutama di karya-karya yang mengandung unsur sendu.

Kalo aku sih, tau gambarnya noise banget dan ga bisa ditolerir pastinya langsung diubah warnanya jadi BW, biar kesan artnya tetep ada, dan nggak maksa.

You : “Jadi apa donk nat, solusi untuk foto beauty, yang ada sedikit noisenya?”

Jangan sedih! Kita tetep bisa ngakalin kok! Coba cari di FILTER>BLUR>Surface Blur. disitu, kamu bisa menghilangkan noise2 yang ada di sekitar wajah kita. Lalu, backgroundnya bisa kita kasih Gaussian Blur. Bikin efek yang cantik, jangan lupa mainin layer mask supaya kita bisa memilih gambar2 apa aja yang bisa kita blur, dan gambar apa yang ga perlu kita blurrin. Contoh dari kasus ini adalah gambar yang diatas

Lighting

Kalau aku pribadi, sebenernya lebih memilih cahaya terang daripada cahaya gelap. Kamu bisa bermain dengan photoshop di area ini terutama pada Brightness and Contrast, Color Adjustment, Curve, Selective Color, dll. Kamu bisa pilih warna warna terang yang membuat foto lebih bright, sehingga pas mau kamu blurin, itu bisa jadi bagus warnanya.

***

Ayo ayo, karya apalagi yang menurutmu cantik, tapi ngga mesti difotonya pake kamera DSLR yang bagus itu. Menjadi photosoper sebenernya menyenangkan kok! Jangan bikin susah diri sendiri dengan hasil foto yang idealis dan mesti harus asli. Untuk apa adanya teknologi kalau ngga dipergunakan? :p

See you on the next post! šŸ™‚

Love, Nanath

Advertisements